Selasa, 06 Desember 2016

ARTI DARI SLOGAN CIANJUR JAGO

Tags



Akhir-akhir ini Daerah Cianjur diwarnai dengan kata “CIANJUR JAGO”. Dari mulai kaos, mug, kalendar bahkan sampai mobil pun dihiasi logo seperti diatas.
Ayam jago merupakan ikon Kabupaten Cianjur. Ditambah dengan 3 pilarnya yaitu maos, mamaos dan maenpo.

Banyak orang yang belum tahu apa makna dari logo tersebut
Dilansir dari sebuah sosial media dengan nama irm_institute berikut makna nya :

“Jago” dalam kamus bahasa Indonesia berarti,
            1.      ayam jantan,
      2.   calon utama,
            3.      orang yg terkemuka; pemuka; penganjur:
4.   juara; kampiun.

di atas rata-rata, mempunyai keunggulan, memiliki sifat kuat, tahan banting, berkarakter, serta memiliki mental yang tangguh dalam menghadapi tantangan, sekaligus memiliki sikap cepat, cermat, dan inovatif dalam merespon keadaan.
Sedangkan ‘Jagoan’ adalah orang yang memenangkan perlombaan, atw bisa mengalahkan lawan, menegakan keadilan, serta manusia unggulan yang dijadikan tumpuan serta panutan bagi kaum lemah dalam menghadapi segala tantangan.
Jagoan pasti mengandung makna fisik, psykis, sosiologis, atau bahkan politis.
Menafsir kata ‘Jago’ secara filosofis dlm konteks Ke-Cianjuran, bisa kita lihat dalam 3 pilar budaya adiluhung yakni ‘ngaos, mamaos, dan maenpo’.
Kondisi masyarakat cianjur yang tergambar dari 3 pilar budaya tersebut, menunjukan keseimbangan antara olah jiwa, olah rasa, dan olah raga.
Keseimbangan tersebut tercermin dari masyarakat nya yang ramah, tenggang rasa, toleran, saling membantu, menjungjung tinggi keindahan,
pelestari alam, pekerja keras dan memiliki ketaatan terhadap ajaran agama.

Slogan ‘Cianjur Jago’ bisa di tafsir juga dalam konteks ekonomi, paradigma yg dipakai bisa mengunakan parameter yang terukur serta bisa tercermin dari kondisi sosial masyarakatnya.

IRM berupaya makasimal mengejar target peningkatan daya beli, rata rata pendapatan rumah tangga, pemerataan pendapatan,erapan tenaga kerja, serta pertumbuhan ekonomi Cianjur yg meningkat dari tahun ke tahun.Data BPS memperlihatkan, penyumbang terbesar terhadap PDRB Cianjur adalah sektor pertanian, lalu perdagangan, parawisata(hotel dan restoran), jasa-jasa dll.

Melihat kondisi di atas, perbaikan infrastruktur merupakan hal prioritas.Infrastuktur jalan yang baik bisa memudahkan, mempercepat, dan menghubungkan sentra produksi ke pasar. dg jalan yang baik juga bisameningkatkan kunjungan dan membuka destinasi wisata baru.

Bidang insfraturktur lain misalnya perbaikan irigasi dan pembuatan embungjuga bisa membantu produktifitas hasil pertanian meningkat.Peran pemerintah juga sangat besar terhadap pelayanan dan penyediaan fasilitas pendidikan dan kesehatan. Pendidikan dan kesehatan adalah penopang dari sumber daya manusia yang unggul. Menekan angka kematian ibu hamil dan balita atau angka harapan hidup (AHH), penyediaan dan pemerataan faskes sampai ke pelosok
adalah upaya untuk menikatkan kualitas hidup masyarakat.

Di bidang pendidikan IRM konsern terhadap isu startegis soal Angka Melek Huruf (AMH) dan Rata-rata Lama Sekolah (RLS), indicator itulahyg dijadkan acuan terhadap kinerja pelayanan pendidikan, selain pemerataan fasilitas serta akses pendidikan.

Di bidang sosial keagamaan, sedang di galakan berbagai gerakan melalui berbagai program untuk me Refresh pemahaman dan meningkatkan kembali semangat keberagamaan.

Jadi slogan ‘Cianjur Jago’ yang sedang digelorakan bukan slogan tanpa makna, tetapi pesan yg dijadikan sumber inspirasi bagi aparaturmemperbaiki kinerja pelayanan serta sumber inspirasi masyarakat untuk melakukan hal yang terbaik demi Cianjur yang lebih maju dan agamis.

Sumber : irm_institute

21 komentar

Kirain logo dukungan pembangunan tol

Cianjur jago,apalagi dunia santri,cianjur kota santri,
Saran:selain slogan shalat,tolong d tambah lagi slogan cianjur anti pacaran(maksiat)

Cianjur jago jd slogan gerbang marhamah terlupakn... sawah2 menjadi korban pembangunan.

Aku merindukan kota tercintaku ini,



Iyah jalananya blom bener, masuh kaya kali kering, aduh klo jalananya bagus, top markotoplah, jd jago banget, enak tidur enakaman, sering2 pulang dah

Hidup cuanjur.. kebut dan majulah untuk jabar lebih hebat

Hidup cuanjur.. kebut dan majulah untuk jabar lebih hebat

Jangan lupa kesehagteraan masyarakatnya juga di perhatikan jangan cuma jago slogannya doang...!

Jangan lupa kesehagteraan masyarakatnya juga di perhatikan jangan cuma jago slogannya doang...!

Jagan cuma jago bicara
Masayarakat cianjur butuh bukti bukan janji.

Insyaallah apabila visi sudah di tuliskan, maka tinggal membuktikan apa yang sudah di tuliskan, agar tidak hanya menjadi jargon atau slogan, setiap kegiatan di pemerintahan Cianjur dan masyarakatnya haruslah bertujuan satu fokus, yaitu bagaimana menjadikan Cianjur Jago dalam segala bidang kehidupan yang positif sehingga berdampak terhadap masyarakat, dan masyarakat sebaiknya berpikir positif dan mendoakan agar semua yang di cita-citakan terwujud, dan sabar dengan proses yang sedang di jalankan...

Untuk lahan aktif produksi harusnya Jangan d bangun pabrik. Meskipun itu mengurangi pengangguran di cianjur. Tapi apakah ini alam Yang Indah di cianjur ini sustainable ?? Walaupun begitu, Harus adanya pengawasan yg lebih ketat. Dan pemberian beasiswa untuk masyarakat yg kurang mampu, yg memiliki peluang dibidangnya, mahasiswa/mahasiswi yg kuliah diluar cianjur yg memiliki tingkat akademik yang Tinggi (ipk) BPPA. Untuk memperkuat Dan meningkatkan kualitas Sumber daya manusia yg Ada dicianjur. Terimakasih

Slogan itu menjual Dan Harus Ada keselarasan dalam beberapa bidang

Satu selain kata jago..ada juga disematkan loga ayam pelung diatas huruf J.ini melambangkan asal mula ayam pelung yg merupakan ciri khas Kota Cianjur.love banget lah sama Cianjur.

buat pemdanya tolong seluruh jalan di wilayah cianjur di berikan penerangan
dan jalan yang rusak di benahkan khususnya buat jalur2 wisata yang ada di daerah dan buat para petani di tolong di buatkan irigasi supaya kalau nanti musim kemarau para petani tetap bisa panen


EmoticonEmoticon